Social Icons

Pages

Cari Blog Ini

Senin, 10 Oktober 2011

A. JENIS-JENIS PRINTER


Jenis-jenis printer

Terdapat 3 macam jenis hasil cetakan printer yaitu
a. Printer dot-matrik
Pencetak ini mempunyai pengetuk-pengetuk kecil berbentuk titin yang dinamakan pin. Pencetak dot matrik 9 pin berarti pengetuknya 5 titik melintang dan 7 titik dari atas ke bawah. Dot matik 24 pin juga mengetuknya secara berulang-ulang sehingga hasilnya tampak lebih padat. Ia juga bisa menghasilkan cetakan warna dengan sekurang-kurangnya 3 warna. Meskipun kualitas hasilnya kurang bagus, namun kelebihan printer ini adalah sekaligus dapat mencetak pada kertas lebih dari satu pada kertas karbon.

b. Printer tinta
Bekerja dengan cara menyemprotkan atau menyemburkan tinta yang ada di dalam cartridge ke kertas. Hasil cetakan akan lebih baik dari pada printer dot-matrik karena lebih halus. Namun hasil semprotan ke kertas juga tergantung pada kualitas tinta dan pinter yang digunakan. Hasil yang kurang bagus akan menjadikan semprotan pada kertas tidak cepat kering dan bisa menimbulkan noda pada kertas.

c. Printer laser
Bekerja seperti mesin fotokopi yang menyemprotkan serbuk tinta dengan model pencahayaan, dan kualitas hasil printer laser paling bagus namun harga printer dan serbuk tintanya juga paling mahal.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates